Senin, 25 Juni 2018
SEARCH | REGISTER | LOGIN

Ramadhan Rawan Kampanye Tanpa Pemberitahuan, Panwaslu Ajak Masyarakat Laporkan Pelanggaran


POLITIK
18 Mei 2018, 20:18 WIB

Ramadhan Rawan Kampanye Tanpa Pemberitahuan, Panwaslu Ajak Masyarakat Laporkan Pelanggaran (foto: istimewa)

Cuplikcom - Indramayu - Ketua Panwaslu Kabupaten Indramayu Nurhadi, S.Pd memaparkan hasil pengawasan tahapan kampanye pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018.

Nurhadi menjelaskan, selama masa kampanye berlangsung per 30 April 2018 terdapat 41 kegiatan kampanye yang diselenggarakan di 23 Kecamatan. 

“Dari 41 kegiatan kampanye tersebut, 17 kali kegiatan kampanye tanpa pemberitahuan, 1 kali kegiatan kampanye di tempat ibadah dan 1 kali kegiatan kampanye di pondok pesantren," ujar Nurhadi, Jumat (18/05/18)

Dirinya menjelaskan dengan rinci bentuk dan metode kampanye yang dilaksanakan pasangan calon.

Dia menambahkan dari beberapa metode kampanye, metode pertemuan tatap muka dan dialog banyak dilakukan oleh pasangan calon, Panwaslu mencatat  terdapat 23 Kampanye dilakukan dengan metode pertemuan tatap muka dan dialog, sedang kampanye dengan metode pertemuan terbatas  sebanyak 12 kali, dan 6 kali kampanye dalam bentuk lain.

Dikatakannya menghadapi masa kampanye yang bertepatan dengan bulan Ramadhan, sebelumnya Panwaslu bersama Panwascam telah melaksanakan sosialisasi tentang larangan pesantren dan tempat ibadah dijadikan tempat berkampanye di seluruh pesantren dan tempat ibadah di Kabupaten Indramayu, hal tersebut merupakan langkah pencegahan terjadinya pelanggaran.

Ia mengatakan ada sejumlah aturan yang harus ditaati para paslon dalam berkampanye, ketentuan itu diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 4 Tahun 2017 tentang Kampanye di Pilkada 2018.

“Kampanye tanpa pemberitahuan rawan terjadi di bulan Ramadhan, dan ini berpotensi melanggar, oleh karenanya kami lakukan upaya-upaya pencegahan, kami juga mengajak masyarakat agar tidak ragu untuk melaporkan jika terjadi pelanggaran," tandasnya.


Penulis : winan
Editor : Anan Felicio

CURHAT RAKYAT

Dalan dermayu

Aspal ning dalan akeh sing berlubang...kapan kunuh ya di dandanie..?

VIDEO

Aksi Kasus Gratifikasi Pajero, Hasil Audensi dengan KPK25/06

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Menerima Jasa Instalasi Laboratorium Komputer untuk Persiapan UNBK tingkat SLTP atau SLTA. Hubungi WA : 08983843354
Sedia Video Shooting dan Streaming Kualitas Gambar Bening Full HD untuk pesta hajatan Wilayah Indramayu, Cirebon, Kuningan, Majalengka, dan Subang.....Hubungi WA: 08983843354
Menerima kanopi, rolling door, tralis, tangga besi, lemari besi, meja besi, rak besi, dll. Wilayah Indramayu & sekitarnya. Hubungi WA : 087717690199
Menerima jasa pemasangan Parabola berbayar/non berbayar, dan menerima jasa pemasangan Internet Wilayah Indramayu. Hubungi WA : 083823365131