Senin, 28 Mei 2018
SEARCH | REGISTER | LOGIN

Keuntungan vs Risiko Kerugian


OPINI
14 Mei 2018, 18:38 WIB

Ilustrasi. (foto: istimewa)

Cuplikcom - Opini - Keuntungan dan risiko adalah dua sisi mata uang yang selalu jalan beriringan, meskipun memiliki makna yang bertolak belakang. 

Keuntungan adalah sesuatu yang sangat diharapkan oleh setiap orang, sementara resiko kerugian adalah sesuatu yang tidak dikehendaki.

Namun selalu membayangi di setiap peluang keuntungan, seperti bayangan tubuh kita yang selalu mengikuti kemanapun tubuh kita pergi, dan dimanapun tubuh kita berdiri.

Namun demikian ada 2 kondisi dimana tubuh kita tidak bisa diikuti bayangan, yaitu saat :

- Kita sedang berada di sisi gelap dimana tidak ada sedikitpun cahaya

- Saat titik terang persis tegak lurus berada di atas kepala kita, meskipun peluangnya sulit tapi pasti ada di saat tertentu.

Kondisi pertama adalah   saat kita tidak bergerak sama sekali, “tidak ada action”, maka tidak ada resiko kerugian modal, kecuali resiko kerugian karena kehilangan kesempatan untuk memperoleh keuntungan.

Kondisi kedua adalah kondisi yang ideal, dimana saat melihat peluang kita cepat action, “tidak terlalu berfikir akhirnya gak ada action”.

Namun demikian tetap cekatan karena mahir dan jeli mengelola resiko serta mengembangkan strategi – strategi untuk meminimalisir resiko. Bagaimana caranya …???

Ini yang selalu saya sampaikan di berbagai seminar “Cerdas Memilih Investasi Masa Depan”, maupun saat pengkaderan kepemimpinan manager di berbagai lembaga keuangan.

Asyik dan menarik saat kita bisa menikmatinya. 

Menakutkan dan mengkhawatirkan kalau kita tidak tahu menelusurinya.

Kerja keras saja tidaklah cukup karena hanya menghasilkan rasa lelah dan capek, atau paling tidak akan mencapai klimaks “rasa jemu” di suatu waktu.

Lalu apa yang harus dilakukan … ???

Ya disamping kerja keras kitapun harus kerja cerdas, artinya disetiap tindakan kegiatan yang diambil harus penuh dengan perencanaan dan desain kerja yang strategis. Saya sering meng-istilahkan, 

“Low Risk, High Impact”

Ingatlah :

Jangan pernah berharap seandainya lautan tidak memiliki gelombang, tetapi yang harus kita lakukan adalah belajar berselancar agar bisa menikmati indahnya gelombang. (Dede Farhan A, 1989).

Semoga tulisan singkat ini, bisa memotivasi sekaligus mampu memberi manfaat.

Oleh : Dede Farhan Aulawi


Penulis : winan
Editor : Anan Felicio

Tag :

CURHAT RAKYAT

Dalan dermayu

Aspal ning dalan akeh sing berlubang...kapan kunuh ya di dandanie..?

VIDEO

LAGU TERBARU - AYU DERMAYU BINTANG PANTURA 4 - NYLUMUD BATIN28/05

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Menerima jasa pemasangan Parabola berbayar/non berbayar, dan menerima jasa pemasangan Internet Wilayah Indramayu. Hubungi WA : 083823365131
Sedia Video Shooting dan Streaming Kualitas Gambar Bening Full HD untuk pesta hajatan Wilayah Indramayu, Cirebon, Kuningan, Majalengka, dan Subang.....Hubungi WA: 08983843354
Menerima kanopi, rolling door, tralis, tangga besi, lemari besi, meja besi, rak besi, dll. Wilayah Indramayu & sekitarnya. Hubungi WA : 087717690199
Menerima Jasa Instalasi Laboratorium Komputer untuk Persiapan UNBK tingkat SLTP atau SLTA. Hubungi WA : 08983843354