Selasa, 26 Mei 2020

Perayaan Nyepi di Mataram di Tandai Pawai Ogoh-ogoh


SOSIAL
25 Maret 2009, 15:32 WIB

Cuplik.Com - Mataram - Pawai ogoh-ogoh menandai perayaan hari Raya Nyepi Umat Hindu di Mataram, Rabu (25/3/2009). Pawai ogoh-ogoh dilepas Walikota Mataram, Moch Ruslan. Pawai diikuti sedikitnya 30.000 umat Hindu se-Kota Mataram.

Sejumlah jalan protokol di Kota Mataram, seperti Jalan Langko dan Jalan Pejanggik ditutup sejak pukul 11.00 wita tadi. Dua jalan ini menjadi jalur arak-arakan pawai.

"Total ada 75 kelompok yang ikut dalam pawai ogoh-ogoh ini," terang Ketua Umum Dewan Ogoh-Ogoh Mataram, Nyoman Artha Kusuma, di arena pelepasan pawai.

Ia mengatakan, pawai ogoh-ogoh ini adalah bagian dari ritual perayaan Hari Raya Nyepi. Ogoh-Ogoh dibuat seram dan menakutkan. Ini adalah simbol kejahatan yang memang harus diperangi.

Satu ogoh-ogoh diusung puluhan orang. Saat diusung dan diarak, ogoh-ogoh ini diiringi bunyi ritmis dari gamelan khas Bali.

Puluhan ribu warga mataram memadati dua sisi jalan Pejanggik dan Jalan Langko, sepanjang 11 kilometer yang menjadi jalur pawai. Pawai berlangsung meriah.

Secara terpisah, Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kota Mataram, I Gusti Lanang Ardhana, mengatakan, Panwaslu telah menerbitkan edaran agar pawai ini tidak dimanfaatkan oleh partai politik sebagai ajang kampanye.

"Ini ritual agama. Jika ada partai politik yang memanfaatkannya untuk kampanye, maka itu adalah kampanye di luar jadwal, dan itu adalah tindak pidana pemilu," jelasnya.

Pawai ogoh-ogoh ini berakhir di Pura Meru, pura terbesar di Kota Mataram yang terletak di bilangan Cakranegara


Penulis :
Editor :

Tag :

CURHAT RAKYAT

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

Corona pertama di indramayu

kenapa di cuplik dot com tidak ada berita korona

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

VIDEO

Ceramah KH. Moh Syatori, S.H, MA | Maulid Nabi Muhammad SAW | 201826/05/2018

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726