Sabtu, 22 September 2018

Electainment on Campus, RTVI : Meningkatkan Partisipasi Pemilih Muda dalam Pilgub Jabar 2018


RAGAM
3 April 2018, 14:18 WIB

Peserta RTVI di Aula Nyi Endang Dharma Unwir (cuplik.com/ist)

Cuplikcom - Indramayu - Ratusan mahasiswa/mahasiswi hadiri kegiatan pendidikan pemilih muda electainment on campus yang diselenggarakan oleh Universitas Wiralodra bekerjasama dengan KPU Jawa Barat dan Center for Election and Political Party (CEPP) FISIP UI, di Aula Nyi Endang Dharma Ayu Unwir, Indramayu, Jawa Barat, Selasa (3/4/2018).

Dalam acara tersebut juga dihadiri Komisioner KPU Provinsi Jawa Barat, Ketua KPU Kabupaten Indramayu, Rektor Unwir, perwakilan CEPP FISIP UI, serta perwakilan Timses Cagub-Cawagub Jawa Barat di Kabupaten Indramayu.

Ketua panitia, Dewi Nurmala Sari M.A menerangkan, acara tersebut merupakan gerakan pendidikan pemilih muda dibawah naungan CEPP FISIP UI yang berjejaring dengan 45 PTN/PTS se Indonesia.

"Kegiatan Rock The Vote Indonesia (RTVI) ini bertujuan untuk belajar demokrasi, politik dan pemilu, dengan metode diskusi di ruang terbuka bersama dengan para tutor mahasiswa," jelasnya.

Ia menjelaskan, selain diskusi mengenai Politik, Pemilu, Demokrasi, Partai Politik, dan Partisipasi, para peserta yang hadir juga diajak melakukan simulasi memilih di TPS-TPS yang telah disediakan, bekerjasama dengan KPUD Kabupaten Indramayu.

Komisioner KPU Provinsi Jawa Barat, Nina Yuningsih mengatakan, partisipasi bagi pemilih pemula atau pemilih muda ini penting, supaya tidak terjebak dalam pemikiran pragmatis, apalagi apatis.

Dikatakannya, penyelenggaraan pesta demokrasi harus memberikan unsur edukasi bagi masyarakat.

"Saya optimis bahwa penyelenggaraan pilgub jabar ini bisa berjalan dengan aman dan lancar," tegasnya.

Terkait penggunaan nama Electainment dalam acara tersebut, Nina mengungkapkan, hal ini dilakukan dengan menyesuaikan zaman.

"Bukan hanya diskusi, tapi juga ada pentas seni, menonton, agar dibuat semenarik mungkin dan tidak membosankan," terangnya.

Sementara, Rektor UNWIR, Dr. Ujang Suratno dalam sambutannya mengatakan, Universitas berkewajiban memberikan sosialisasi tentang politik, sebagai akademisi, untuk membangun politik beretika.

"Saya berharap adik-adik (mahasiswa, red) menjadi agen, agar demokrasi bisa berjalan dengan baik," harapnya.

Pada akhir acara juga digelar Deklarasi Pemilih Muda, yang berisikan komitmen untuk menjadi pemilih yang cerdas dan siap untuk menyebarluaskan nilai-nilai yang mereka dapatkan selama acara.


Penulis : ayee
Editor : Didi Rahardi

CURHAT RAKYAT

VIDEO

Sapi Ngamuk Saat Proses Penyembelihan Hewan Qurban di Indramayu Jawa Barat22/09

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461