Jum'at, 29 Mei 2020

40 Lansia di Bimbing Keterampilan Produksi Telur Asin

40 Lansia di Bimbing Keterampilan Produksi Telur Asin

EKONOMI
15 Maret 2018, 16:49 WIB

40 Lansia di Bimbing Keterampilan Produksi Telur Asin di Desa Cempeh kecamatan Lelea. (foto: istimewa)

Cuplikcom - Indramayu - Usia lanjut usia bukan alasan untuk tidak produktif apalagi menggantungkan hidup kepada orang lain. Usia lanjut tidak menjadi halangan untuk terus melakukan aktivitas yang positif dalam mengisi kehidupan dengan berbagai kegiatan.

Bahkan tidak jarang kesuksesan justru didapat saat usia mulai lanjut. Dengan masih aktif di usia lanjut dan tubuh terus bergerak, tingkat kesehatan dan produktivitas semakin baik. 

Untuk mewujudkan semua itu, Dinas Sosial Kabupaten Indramayu menggelar kegiatan bimbingan sosial dan keterampilan pembuatan telor asin bagi 40 orang lanjut usia di Desa Cempeh Kecamatan Lelea, Rabu (14/03/18). 

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial pada Dinas Sosial Kabupaten Indramayu, Atu Ika Putri menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan rehabilitasi lanjut usia dalam rangka proses pemberian bantuan yang dilaksanakan secara terencana dan berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan lanjut usia, sehingga yang bersangkutan diharapkan mampu melaksanakan fungsi sosialnya dan mampu untuk mandiri beraktivitas serta dapat berpartisipasi dalam pembangunan.

Selain itu, kegiatan ini diharapkan mampu untuk mengembangkan diri para lansia, mencegah ketergantungan, memperkuat relasi, dan lanjut usia mampu untuk memperbaiki kemampuan fungsi sosialnya.

“Kegiatan ini medapatkan respon yang sangat luar biasa bagi para lansia di Desa Cempeh, masih banyak yang ingin ikut namun karena keterbatasan tempat kami baru bisa memberikan pelatihan bagi 40 lansia dalam bentuk membuat telor asin. Pelatihan ini menghadirkan nara sumber dari Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian,” tegas Atu. 

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Indramayu, Marsono, melalui Sekretaris Dinas, Ade Suhayati mengatakan, Desa Cempeh Kecamatan Lelea ini merupakan salah satu desa yang harus dilakukan dalam proses percepatan pembangunannya sehingga menjadi desa target pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). 

Selain dalam pembangunan fisik, imbuh Ade, TMMD  juga melakukan pekerjaan non fisik  yang alah satunya adalah peran serta Dinas Sosial dalam memberikan pelatihan kepada para lansia di desa tersebut. Melalui pelatihan, para lansia diharapkan menjadi lansia yang potensial dan menjalankan fungsi sosialnya.

“Kita menghendaki para lansia menjadi lansia yang potensial, yakni lansia yang masih mampu melakukan pekerjaan dan kegiatan yang dapat menghasilkan barang atau jasa,” tutupnya.


Penulis : Winan
Editor : Anan Felicio

Tag :

CURHAT RAKYAT

Indramayu Darurat Korupsi

Coba gah lur pada sadara, wis aja nurut bae sekien mah, aja wedi lah, dipilih-dipilih kuh malah jeh korupsi kabeh, ampun tamah, Indramayu darurat korupsi. yu gah lur milih pemimpin sing ebat kah lur sing kira kaya daerah sejen, kira2 Indramayu bisa maju k

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

Corona pertama di indramayu

kenapa di cuplik dot com tidak ada berita korona

VIDEO

Keluhan Masyarakat Soal PSBB dan Dampak Covid-19 di Indramayu29/05

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726