Selasa, 16 Januari 2018
SEARCH | REGISTER | LOGIN

Polda Jabar Terjunkan 21,438 Personil Amankan Pilkada Serentak 2018


POLITIK
5 Januari 2018, 12:59 WIB

Apel Pasukan Operasi MANTAP PRAJA LODAYA 2018 dan Pengamanan Pilkada Serentak 2018 di Lapangan Gasib (cuplik.com/ist)

Bandung - Kepolisian Daerah Jawa Barat akan menerjunkan 21.438 personel untuk mengamankan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di Jawa Barat.

Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto saat apel gelar pasukan di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Jumat (05/01/2018) mengungkapkan, jumlah kekuatan polda dengan jajarannya kurang lebih 21.438 anggota yang akan diturunkan dalam pengamanan pilkada serentak.

"Polda akan bertindak secara penuh demi kondusivitas dan kelancaran pilkada serentak nanti. Dalam pengamanan ini, personel kepolisian yang diturunkan ke TPS-TPS akan dibantu oleh TNI yang berjumlah 2.700 personel,"Jelasnya, kepada wartawan.

Berdasarkan pemetaan Polri, proses pemungutan suara akan menyedot sebagian besar kekuatan, karena berpotensi terjadi konflik.

"Yang paling banyak adalah tahapan pungutan suara, karena kurang lebih 60.000 TPS yang akan tergelar di Jawa Barat," katanya.

Sementara pemetaan wilayah rawan konflik, lanjut Agung, seluruh daerah memiliki karakteristik berbeda. Untuk wilayah yang dianggap rawan, polda akan menerjunkan satu kompi personel dari Brimob dibantu satu kompi aparat TNI.

"Ini masih fleksibel, artinya bagaimana perkembangan nanti. Karena kita belum tahu yang daftar (calon). Jadi kita sudah siap untuk pilkada kondusif," katanya.

Pihaknya optimistis, penyelenggaraan pilkada di Jawa Barat akan berjalan kondusif. Ia pun meminta masyarakat untuk menjadikan tahun politik ini sebagai pesta rakyat, bukan malah menjadi pemicu konflik.

"Saya percaya dan yakin bahwa rakyat Jawa Barat adalah rakyat yang santun, religius. Insya Allah dengan dibantu seluruh komponen masyarakat pilkada serentak di Jabar aman dan kondusif," katanya.

Sumber : Antaranews.com


Penulis : ayee
Editor : Didi Rahardi

CURHAT RAKYAT

Lorem Ipsum Dolor site amit

Lorem Ipsum Dolor site amit Lorem Ipsum Dolor site amit..

Lorem Ipsum Dolor site amit

Lorem Ipsum Dolor site amit Lorem Ipsum Dolor site amit..

VIDEO

Aksi Bebaskan Rusmini, Sekjen SBMI Diciduk Polisi di Kedubes Arab Saudi24/05/2018

TERBARU LAINNYA