Selasa, 21 November 2017
SEARCH | REGISTER | LOGIN

Sekolah di Indramayu Diduga Lakukan Pungli ke Wali Murid


SOSIAL
3 Oktober 2017, 16:48 WIB

Gedung SMPN 1 Kandanghaur Indramayu (cuplikcom/ist)

Cuplikcom - Indramayu - Salah satu sekolah di kabupaten Indramayu yakni Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kandanghaur diduga lakukan pungli ke para wali murid. Pasalnya ditemukan surat pernyataan yang berisi dengan dalih sumbangan suka rela dengan ketentuan nominal tertentu dan waktu tertentu yang dibagikan ke para murid untuk ditandatangani di atas materi oleh wali murid.

Salah satu wali murid, Bambang Sutarno menjelaskan, ia menerima surat tersebut dari anaknya yang menjadi peserta didik di sekolah tersebut. Ia mempertanyakan terkait surat pernyataan yang berisi nominal sumbangan yang ditentukan.

"Saya kaget dapat surat itu dari anak saya, nominalnya ditentukan dan besar lagi. Ko sumbangan harus pake surat pernyataan di atas materai segala," ujarnya kepada wartawan, Selasa (3/10/2017).

Ia mengatakan, meski dalam surat pernyataan tersebut berisi kata-kata sumbangan suka rela, namun ia belum pernah diikut sertakan dalam rapat komite sekolah, sehingga ia menduga kalau surat tersebut sebagai bentuk pungutan liar secara halus dengan dalih sumbangan.

"Bisa jadi ini bentuk pungutan liar dari pihak sekolah secara halus," jelasnya.

Oleh karenanya, Bambang mempertanyakan surat tersebut dan tegas menolak untuk mengisi karena ia menduga bahwa itu adalah pungutan liar.

"Boro-boro untuk nyumbang jutaan rupiah, buat belanja anak saya aja, saya harus banting tulang mencari duit," katanya.

Diketahui, dalam surat pernyataan tersebut tertulis bahwa pihak wali murid menyatakan bersedia memberikan sumbangan suka rela dengan pilihan nominal Rp.1 juta, Rp.1,3 juta, dan Rp.1,5 juta dengan cara tunai atau dicicil.

SMP Negeri 1 Kandanghaur menurut Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah (Dapodikdasmen) Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Repubik Indonesia, pertanggal 3 Oktober 2017 tercatat memiliki siswa sebanyak 1196 siswa dengan jumlah ruang kelas sebanyak 29 kelas. Sekolah ini dikepalai oleh Taryono.

SMP N 1 Kandanghaur beralamatkan di jalan Raya Pantura Kandanghaur nomor 284 desa Wirapanjunan kecamatan Kandanghaur kabupaten Indramayu Jawa Barat.


Penulis : am
Editor : Almak

Tag :

CURHAT RAKYAT

Lorem Ipsum Dolor site amit

Lorem Ipsum Dolor site amit Lorem Ipsum Dolor site amit..

Lorem Ipsum Dolor site amit

Lorem Ipsum Dolor site amit Lorem Ipsum Dolor site amit..

IKLAN BARIS

Lorem Ipsum Dolor site amit Lorem Ipsum Dolor site amit
Lorem Ipsum Dolor site amit Lorem Ipsum Dolor site amit
Lorem Ipsum Dolor site amit Lorem Ipsum Dolor site amit
Lorem Ipsum Dolor site amit Lorem Ipsum Dolor site amit

VIDEO

Aksi Warga Indramayu Usut Dugaan Korupsi Yance di Kejagung22/05/2017

TERBARU LAINNYA