Jum'at, 29 Mei 2020

Rangsang Kecerdasan Bayi dengan 4 Mainan Murah

Rangsang Kecerdasan Bayi dengan 4 Mainan Murah

GAYA HIDUP
23 Maret 2009, 15:08 WIB
Cuplik.Com - BEBERAPA mainan sederhana dan murah bisa Anda gunakan untuk merangsang kecerdasan bayi Anda yang baru berusia 0-3 bulan.

Berikut ini rekomendasi dr Triana Darmayanti Akbar SpA, dari Rumah Sakit Jakarta, di antaranya:

Bola-bola kecil beraneka warna

Gerakkan bola-bola tersebut ke arah kiri dan kanan hingga merangsang perhatiannya dan membuatnya tersenyum. Biarkan si kecil mengenal bentuk bola tersebut dengan menyentuhnya.

Eksplorasi ini akan membantu merangsang kemampuan motorik bayi, merangsang indera penglihatan. Dengan latihan terus menerus kedua matanya akan berfungsi optimal. Si kecil akan mampu melihat objek yang dilihat dengan jelas, dan bisa fokus ketika melihat benda dari jarak yang berlainan.

Boneka/mainan/gambar menarik

Bentangkan tali di antara dua sisi kanan dan kiri tempat tidurnya. Kemudian, gantungkan boneka/mainan/gambar yang menarik
perhatiannya dengan posisi persis di atas wajah bayi. Pastikan talinya terikat erat dalam posisi tegang agar tidak mudah jatuh ke wajah bayi.

Pilihlah bentuk binatang yang lucu-lucu seperti itik, burung, gajah atau sapi. Usahakan warna setiap boneka berlainan agar si mungil belajar mengenal warna. Gerak-gerakkan gantungan itu untuk menarik perhatian si kecil. Jelaskan satu per satu nama-nama binatang/gambar tersebut.

Bayi akan belajar mengetahui perbedaan masing-masing bentuk mainan yang digantung. Pada tahap berikutnya, tangan si kecil akan menggapai mainan tersebut sehingga kemampuan motoriknya terasah.

Balon

Sediakan berbagai bentuk balon. Usahakan bentuk balon tidak hanya berbentuk bulat/lonjong, tapi bisa juga panjang atau menyerupai bunga matahari. Warna balon pun sebaiknya warna-warni untuk mengasah kemampuan indera penglihatannya. Sesekali lepaskan tali balon dan biarkan si kecil memerhatikan pergerakan balon tersebut saat melayang perlahan. Pemandangan ini akan membuatnya terkagum-kagum, sementara rasa ingin tahunya akan bertambah. Bayi pun belajar memfokuskan indera penglihatan.

Kerincingan

Berikan si kecil mainan seperti kerincingan. Rangsang penasaran si kecil dengan menggerakkan kerincingan dan biarkan dia berusaha menggapai dan memegangnya.

Awalnya ditujukan untuk menstimulasi kemampuan pendengaran. Setelah menangkap darimana arah suara itu berasal, otomatis indera penglihatan dan kemampuan refleksnya diuji.

Penulis :
Editor :

Tag :

CURHAT RAKYAT

Corona pertama di indramayu

kenapa di cuplik dot com tidak ada berita korona

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

VIDEO

Tengdung Unik PENGANTEN BARU 2020 | New CUPLIKA29/05

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060
Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726