Selasa, 26 Mei 2020

Ono Tegaskan "NKRI Syariah" Itu Salah Kaprah


POLITIK
17 Februari 2017, 16:17 WIB

Cuplik.Com - Indramayu - Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yakni Pancasila sudah mulai diselewengkan, salah satunya adanya isu muncul "NKRI Syariah". Hal itu dinilai menjadi salah kaprah dan bertentangan dengan Pancasila. Warga diminta cerdas memahami isu yang sedang berkembang.

Diungkapkan oleh Anggota MPR/DPR RI, Ono Surono ST, dalam acara Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di desa Rajasinga, Terisi, Indramayu, Jawa Barat, Jumat (17/2/17).

Dihadiri juga oleh anggota DPRD Jawa Barat Bambang Mujiarto, Kuwu Rajasinga, Polsek dan Koramil Terisi, perwakilan Kelompok tani dan tokoh masyarakat setempat.

"NKRI Syariah itu sangat beda dengan Pancasila, jadi kalau ada yang mengatakan itu, salah kaprah," ujar Ono.

Ia menjelaskan, Pancasila sendiri sangat beragam sesuai dengan keanekaragaman di Indonesia, bukan hanya yang beragama Islam tetapi juga agama-agama yang dijamin oleh UUD 1945.

Sehingga, kata dia, jika ada yang ingin mengubah dasar negara dari Pancasila ke yang lain, maka itu sudah menyalahi UU dan mengancam dasar negara dan keutuhan Republik Indonesia.

"Apalagi isu-isu itu (agama -red.) dibawa ke ranah politik, itu sangat tidak mendidik ke masyarakat," tegasnya.

Oleh karenanya ia meminta kepada masyarakat agar bisa memahami dan memilah dengan cerdas, terkait isu-isu yang baru-baru ini dihembuskan, terutama di media sosial.

Kuwu Desa Rajasinga, Julhaidir, menyambut baik atas kegiatan sosialisasi 4 pilar kebangsaan, yang juga menghadirkan sejumlah kelompok tani dan warga setempat.

"Kami dari pemerintahan desa Rajasinga, menyambut baik atas kehadiran bapak Ono Surono anggota DPR RI dalam sosialisasi 4 pilar kebangsaan, apalagi disini juga banyak kelompok tani dan masyarakat yang memang harus mengerti juga tentang 4 Pilar kebangsaan seperti apa," katanya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh perwakilan jajaran Polsek dan Koramil Terisi, pihaknya mendukung tentang acara sosialisasi 4 pilar tersebut, pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat terkait dengan situasi politik sekarang agar jangan terprovokasi dan adu domba, juga agar bersama-sama menjaga keamanan, ketertiban dan kondusifitas di wilayah masing-masing.

Sementara itu, anggota DPRD provinsi Jawa Barat, Bambang Mujiarto mengungkapkan, masyarakat harus tetap bergotong-royong dalam mewujudkan bangsa yang bersatu dan berdaulat.

"Kita harus mengedepankan gotong royong sebagai wujud kepribadian bangsa dan perilaku anak bangsa, sehingga Indonesia secara satu kesatuan dan berjuang bersama membentuk NKRI yang tidak terpecah belah," pungkas Bambang.


Penulis : Dewo
Editor : Dewo

Tag :

CURHAT RAKYAT

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

VIDEO

Juhadi Muhammad Bersama PKB Tanggap Covid-1926/05

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060